Rabu, 22 September 2010

Diktat Seminar Pendidikan

SEMINAR PENDIDIKAN
Tujuan Pembelajaran:
1. Mampu mengorganisir dan menyelenggarakan seminar.
2. Mampu menyusun dan mempresentasekan makalah dalam praktek seminar.
Garis-Garis Besar Materi Pembelajaran:
I. Pengertian
a. Seminar
b. Symposium
c. Loka karya
d. Panel diskusi
II. Bagaimana mengorganisir dan menyelenggarakan seminar
III. Pengertian makalah
a. Kemampuan apa yang harus dimiliki untuk menyusun makalah
b. Cara berpikir yang digunakan
c. Tahapan-tahapan dalam menulis makalah
a) Analisis variabel
b) Identifikasi alternative jawaban
c) Menyusun off line
d) Menyusun laporan
d. Rambu-rambu penilaian makalah
IV. Praktek seminar

Uraian Materi
1. Pengertian
a. Seminar
Sebuah bentuk pertemuan ilmiah yang dilaksanakan dengan menghadirkan beberapa pakar atau ahli yang menyampaikan pandangan sebagai sebuah alternative untuk memecahkan masalah dalam bentuk tertulis.
Makalah yang disajikan itu dapat berupa hasil-hasil penelitian yang orisinil atau kajian-kajian teoritis yang bersifat ilmiah yang diangkat dari bahan pustaka. Seminar di perguruan tinggi telah menjadi salah satu bentuk pendekatan pembelajaran berdasarkan kurikulum. Dalam penyelenggaraan sebuah seminar terdapat banyak komponen yang harus ada, antara lain:
- Ada kepanitiaan, baik stering SC atau organizing OC
- Kelompok tim perumus
- Kelompok tim pemateri
- Moderator
- Peserta, dst.
Masing-masing komponen memainkan peranan sesuai dengan fungsinya sehingga merupakan sebuah system, efektifitas sebuah penyelenggaraan seminar dipengaruhi oleh banyak factor terutama antara lain:
1. Luasnya materi yang akan diseminarkan. Ketika materi yang akan didiskusikan dalam seminar dinilai terlalu luas cakupannya, mengharuskan kita untuk membagi-bagi dalam beberapa seri yang lebih kecil untuk memudahkan kita untuk membagi-bagi dalam beberapa sesi yang lebih kecil untuk memudahkan jalannya diskusi.
2. Kemampuan pimpinan siding (Moderator) untuk mengarahkan peserta dalam berdiskusi. Untuk hal itu maka, seorang moderator harus mempunyai kemampuan untuk segera setelah materi disajikan, mampu menumbuhkan/ menentukan pokok-pokok materi yang seharusnya untuk didiskusikan, sehingga diskusi akan berjalan lancer dan pelaksanaan seminar dapat berjalan sesuai dengan waktu yang telah disiapkan.

b. Symposium
Symposium adalah salah satu pertemuan ilmiah yang menghadirkan beberapa ahli atau pakar dengan pandangan-pandangan yang berbeda mengenai suatu pokok pembicaraan tampil menyampaikan pendapatnya, dan para pendengar atau partisipan mengambil bagian dalam diskusi. Symposium itu sendiri menghasilkan kumpulan pendapat atau beberapa alternative.

c. Loka karya
Loka karya adalah sebuah pertemuan ilmiah yang dilaksanakan karena ada sebuah kegiatan dan memerlukan kesamaan persepsi dan tindakan untuk melaksanakannya. Peserta mendapatkan pengetahuan dan juga skill, sehingga peserta nantinya selain mampu memahami kegiatan itu, juga secara teknis operasional mampu dilaksanakan dengan baik.

d. Panel diskusi
Panel diskusi adalah sebuah pertemuan ilmiah dengan menghadirkan beberapa pakar untuk menjadi kelompok panelis yang akan berdiskusi di depan peserta dan dipimpin oleh seorang moderator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

http://www.yayasankalla.com/wp-content/uploads/2011/10/LOGO-ATHIRAH-FIX.png

About