Senin, 25 Oktober 2010

Sejarah Pendidikan


Tugas Sejarah Pendidikan

1. Kemukakan dan jelaskan ciri-ciri pendidikan belanda!
Jawab:
Ciri-ciri pendidikan belanda, antara lain:
a. Gradualisme yang luar biasa dalam penyediaan pendidikan bagi anak-anak Indonesia.
Gradualisme diartikan sebagai siasat untuk mengadakan perubahan dalam penyediaan pendidikan bagi anak-anak Indonesia secara perlahan-lahan atau sedikit demi sedikit sehingga perkembangannya terjadi dalam waktu yang relative lama.
b. Dualisme dalam pendidikan dengan menekankan perbedaan yang tajam antara pendidikan belanda dengan pendidikan pribumi.
Artinya dalam system pendidikan yang diberikan terdapat diffrensiasi, baik dari segi rasial, sosial, maupun linguistic. Terdapat juga perbedaan yang sangat mencolok antara anak-anak belanda dengan anak-anak pribumi. Anak belanda dimasukkan kesekolah kelas satu dan diberi akses untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, sedangkan anak pribumi dimasukkan ke sekolah rendahan dan jenjangnya hanya sampai di situ saja.
c. Kontrol sentral yang kuat
Terjadi prosedur hierarkis yang sangat kuat. Segala kegiatan pendidikan yang diketahui inspektur atau panitia khusus akan dimintai keterangan oleh departemen yang membidangi pendidikan untuk kemudian dilaporkan kepada gubernur jenderal, yang kemudian memberikan laporan kepada dewan hindia belanda (Rad Van indie)untuk menerima advis dan kemudian menyerahkan masalah itu kepada menteri jajahan yang nantinya dipakai untuk membuat kebijakan. Menteri jajahan sendiri memangku jabatan sebagai wakil dari raja belanda dimana gubernur jenderal bertanggung jawab langsung kepadanya.
d. Keterbatasan tujuan sekolah pribumi, dan peranan sekolah untuk menghasilkan pegawai sebagai factor penting dalam perkembangan pendidikan.
Sekolah yang didirikan untuk anak Indonesia sebenarnya bertujuan untuk mendidik mereka menjadi pegawai di perkebunan pemerintah yang senantiasa berkembang selama masa tanam paksa.
e. Prinsip konkordansi yang menyebabkan sekolah di Indonesia sama dengan di negeri belanda.
Prinsip korkodansi bertujuan untuk menjaga agar sekolah-sekolah yang ada di hindia belanda memiliki standar yang sama dengan sekolah di negeri belanda sehingga mempermudah perpindahan murid-murid di hindia belanda ke sekolah di negeri belanda.
f. Tidak adanya perencanaan pendidikan yang sistematis untuk pendidikan anak pribumi.
Sekolah-sekolah untuk anak pribumi yang tersebar di daerah-daerah masing-masing berdiri sendiri-sendiri tanpa ada hubungan organisasi antara yang satu dengan yang lain dan tanpa jalan untuk melanjutkannya. Berbanding terbalik dengan sekolah yang disediakan untuk anak-anak belanda yang mempunyai organisasi yang lengkap sama dengan sekolah di negeri belanda.

2. Kemukakan inti politik pendidikan kolonial belanda menurut Brugman!
Menurut Brugman, politik pendidikan merupakan inti dari politik colonial itu sendiri. Maksudnya adalah politik pendidikan itu dijalankan adalah untuk memperkuat kolonisasi belanda di daerah jajahannya. Politik pendidikan tidak terlepas dari kepentingan ekonomi, maupun kekuasaan. Pada masa VOC, politik pendidikan dijalankan untuk menyebarkan agama protestan dan melenyapkan agama katolik yang merupakan pengaruh dari bangsa portugis setelah belanda berhasil mengusir bangsa portugis di Indonesia bagian timur. Setelah VOC dibubarkan, pemerintah belanda menjalankan politik pendidikan demi pemenuhan sumber daya manusia yang terampil untuk menjadi pegawai untuk mengelola perkebunan pemerintah pada era tanam paksa.

3. Jelaskan manfaat politik etis terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia saat itu!
Politik etis memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, karena dijadikan sebagai titik awal kebangkitan masyarakat intelektual Indonesia untuk bangkit dan melawan penjajah.

4. Kemukakan alasan-alasan pembentukan sekolah-sekolah belanda oleh VOC di daerah Batavia dan Maluku!
VOC mendirikan sekolah belanda di Maluku bertujuan untuk melenyapkan agama katolik dengan menyebarkan agama protestan, calvinisme. Sedangkan sekolah Belanda didirikan di Batavia adalah untuk mendidik anak belanda dan jawa agar menjadi pekerja yang kompeten bagi VOC.

5. Kemukakan konsep-konsep yang berkaitan dengan pendidikan yang dilaksanakan oleh VOC!
- Sekolah-sekolah didirikan untuk melenyapkan agama katolik dan menyebarkan agama protestan.
- Pendidikan di batavia digalakkan untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten bagi voc.
- Semua sekolah pada satu wilayah berada di bawah pengawasan gereja.
- Kurikulumnya mengacu pada gereja.
- Pembelajarannya dilaksanakan secara individu dan belum menerapkan pembelajaran klasikal.

6. Jelaskan pengertian “pendidikan bebas terbatas”!
Artinya adalah pendidikan diselenggarakan tidak hanya untuk anak-anak belanda, tetapi juga memberikan kesempatan kepada anak pribumi untuk bebas mengenyam pendidikan. Hanya pendidikan untuk anak pribumi terbatas sampai pada jenjang tertentu dan tidak diberi akses untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

7. Kemukakan persamaan dan perbedaan pendidikan yang diberikan kepada anak belanda dan anak Indonesia!
Persamaannya adalah anak-anak Indonesia diberi kesempatan untuk mengenyam pendidikan sebagaimana anak-anak belanda. Yang membedakan adalah system pendidikan bagi keduanya. Inspeksi, kurikulum, bahasa pengantar dan jumlah pembiayaan antara sekolah belanda dan sekolah Indonesia dibedakan satu sama lain, begitu juga dengan sekolah menengah sebagai kelanjutan dari pendidikan. Bagi anak belanda disediakan sekolah lanjutan, sedangkan untuk anak Indonesia tidak diberi kjesempatan untuk meneruskan pelajaran dan merupakan jalan buntu.
8. Kemukakan bentuk kurikulum yang diterapkan pada sekolah-sekolah VOC!
Kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah VOC bertalian erat dengan gereja. Menurut peraturan sekolah 1643, tugas guru ialah: memupuk rasa takut terhadap tuhan, mengajarkan dasar-dasar agama Kristen, mengajar anak berdo’a, bernyanyi, pergi ke gereja, mematuhi orang tua, penguasa, dan guru-guru.

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

http://www.yayasankalla.com/wp-content/uploads/2011/10/LOGO-ATHIRAH-FIX.png

About